16.12 | Posted in
Zimbra adalah software open source untuk email server dan kolaborasi (groupware), yang menyediakan solusi email server yang powerful, penjadwalan dan kalender grup, kontak dan manajemen penyimpanan dokumen via web. Zimbra server tersedia untuk Linux, Mac OS X dan platform virtualisasi. Zimbra menggunakan klien Ajax Web 2.0 yang dapat dijalankan pada browser Firefox, Safari dan Internet Explorer (6.0+) dan IE serta mudah diintegrasikan dengan portal web API, aplikasi bisnis dan VoIP menggunakan web services.
Zimbra pada dasarnya sekelas dengan aplikasi Microsoft Exchange Server. Bedanya, Zimbra tersedia dalam 2 edisi, yaitu Open Source Edition dan Network Edition.
Zimbra Open Source Edition menggunakan lisensi Mozilla Public License yang salah satu butir lisensinya menyatakan bahwa perubahan atau modifikasi yang dilakukan pada kode sumber zimbra harus dikembalikan pada komunitas.
Zimbra Collaboration Suite adalah suatu mail server yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan menggunakan teknologi pendukung ajax.
Zimbra Collaboration Suite dibangun oleh sebuah perusahaan Zimbra Inc, yang kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh Yahoo! Secara garis besar terdapat dua buah versi, versi open source dan versi komersial, dimana versi open source memiliki beberapa keterbatasan fitur. Zimbra Collaboration Suite menggunakan teknologi ajax, sehingga Zimbra Collaboration Suite dapat memiliki tampilan yang menarik, seperti melakukan drag and drop email dan pop-up screen shot sebuah URL pada sebuah email yang menjadi mungkin karena teknologi ajax.
Untuk penyimpanan basis data, mail server ini menggunaka MySQL. Mail server ini dapat berjalan pada sistem operasi yang berbasis UNIX, seperti RedHat dan Suse.
Zimbra Collaboration Suite memiliki banyak fitur, diantaranya adalah pengiriman email, sistem kalender dan sharing dokumen. Untuk memungkinkan aplikasi lain dapat mengakses fitur-fitur tersebut, Zimbra Collaboration Suite menydiakan suatu Web Service sebagai API dengan aplikasi lain. lebih jelas kunjungi : zimbra.web.id

Category:
��

Comments

0 responses to "Zimbra"